Content Creation by Dimas Djay (a Summarize)

Content creation-01.jpg

Proses belajar sambil mengerjakan suatu project merupakan suatu pengalaman yang dapat membantu kreator dalam menemukan ide original dan eksekusi karya secara maksimal dengan tujuan karya tersebut mampu atau efektif dalam menyampaikan sebuah pesan (viral akan mengikuti seiring berjalannya waktu).

Today Challenge 

  1. Short Attention Spans

Atensi atau perhatian yang pendek menjadi tantangan untuk para kreator bahwa dengan perhatian yang singkat, kreator harus mampu memberikan visual atau verbal yang singkat praktis dan jelas di perhatian awal audiens.

  1. 140 Character Twitter

Sekarang generasi tertuju dengan media twitter yang memberikan fasilitas dengan keterbatasan kata untuk menyampaikan pesan secara global. Hal tersebut dapat dijadikan tantangan bahwa bagaimana cara kita mengemas 140 karakter tersebut dalam media audio visual atau visual secara efektif.

Communication

            Komunikasi berperan penting dalam sebuah konten, komunikasi tidak hanya berlaku antara iklan dan audiens, akan tetapi komunikasi juga berlaku untuk hubungan antara client atau user dengan agency atau creator konten tersebut, sehingga ketika kesepahaman terjadi maka akan membentuk sinergi yang kuat dalam pesan yang dikemas di dalam sebuah konten. 

  1. SIMPLE/ SINGLE MESSAGE (Simpel dan Jelas)

Komunikasi yang disampaikan harus simpel, hindari turunan pesan karena pesan lainnya akan mengikuti seiring berjalannya waktu. To the point, contohnya: Saya ingin menjual ember ini dengan harga murah, simpel jelas dan to the point, turunan pesan akan mengikuti.

  1. SHARP (Tajam)

Pesan harus dikemas secara tajam, penyusunan kalimat yang baik akan mampu memberikan presepsi yang baik oleh audiens sehingga tidak terjadi kesalahpahaman antara komunikator dan komunikan (audiens)

  1. BOLD (Tegas)

Pesan yang tegas akan membentuk pemahaman yang jelas, tidak berbelit-belit dan to the point sehingga khalayak atau target sasar akan memahami dengan mudah tentang apa yang disampaikan.

  1. BRAVE (Berani)

Simple, sharp, dan bold akan menjadi hal yang sia-sia, apabila komunikator tidak berani dalam eksekusi atau menyampaikan pesan tersebut.

Unpredictable Communication (Lead Your Target)

            Kemungkinan hal terjadi di luar prediksi dalam komunikasi adalah suatu hal yang lumrah atau umum. Maka untuk mencegah kejadian yang terjadi di luar prediksi maka hal terbaik yang dilakukan adalan mengidentifikasi target audiens. Penerimaan pesan dari setiap target memiliki perbedaan, contohnya: apabila target adalah ibu-ibu maka kita sebagai content creator harus memahami bagaimana cara ibu-ibu berinteraksi dan bersenda gurau.

            Humor atau hal yang lucu merupakan hal yang sangat subyektif, maka dengan mengetahui target dan menuntun target ke pesan atau humor tersebut dengan memahami kesesuaian pesan atau humor dengan siapa target tersebut maka pesan yang efektif dapat terjadi.

Communication Emotions (Fun to Watch)

            Emosi audiens menjadi perhatian para kreator, pemikiran untuk mendapatkan jawaban tentang bagaimana cara membuat menangis, ketawa, senang, bahagia, terharu merupakan tantangan untuk kreator, jika penonton atau audiens terbawa emosi maka pesan yang disampaikan mampu diingat baik oleh audiens atau penonton.

Original

            Terlalu banyak orang-orang yang terpaku oleh referensi dan benchmark dalam pembuatan karya. Terlalu banyak referensi akan menghambat proses kreatif dan eksekusi, maka hal terbaik yang perlu dilakukan adalah fokus dengan apa yang ingin dibuat dan berani mengambil resiko demi sebuah originalitas karya.

 

SUMBER

https://www.youtube.com/watch?v=KMhmRAawoXM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s