Design Thinking

design thinking-01

Pengertian

Design thinking merupakan bagian yang tak terpisahkan dari apa yang terlintas dalam pemikiran setiap desainer dalam setiap proyek desain. Design thinking merupakan alat berpikir yang kuat dalam mendorong merek, bisnis, atau individu maju secara positif. Design thinking juga membantu memanfaatkan sumber daya secara efektif, dan meminimalkan konsumsi energi.

Fungsi

  • Inovasi (Innovation)

Dalam pasar yang kompetitif, perusahaan besar atau kecil perlu berinovasi untuk menciptakan keunggulan dibandingkan pesaing mereka. Design thinking akan memungkinkan perusahaan besar atau perusahaan baru untuk berinovasi dan mencari peluang, berdasarkan pada kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi dan pemahaman tentang situasi (Ling, 2015:16).

  • Memecahkan masalah (Problem solving)

Orang membutuhkan design thinking untuk memecahkan masalah yang ada pada manusia (masalah yang sering dihadapi dalam kehidupan sehari-hari). Misalnya masalah seperti kepadatan di stasiun kereta api, pengalaman perbankan online yang buruk dan kemacetan lalu lintas, atau masalah yang dapat menyebabkan frustrasi dan masalah sosial (Ling, 2015:18).

  • Bersaing (Compete)

Design thinking telah dilihat sebagai keunggulan kompetitif bagi individu yang ingin unggul dalam karir atau bisnis mereka. Banyak sekolah, seperti Rotman School of Design dan Stanford d.school – Stanford University, telah menawarkan kursus eksklusif tentang design thinking untuk para eksekutif dan profesional (Ling, 2015:21).

Tahapan

  1. Empathize

Seorang desainer harus memiliki karya yang bersifat problem solving. Pemecahan masalah yang dihadapi bukan hanya masalah tentang diri sendiri, melainkan masalah orang lain atau sekelompok orang tertentu (user). Maka dari itu sebagai desainer harus mampu ber-empati untuk memahami dan mengerti apa yang penting bagi user. Berikut adalah aktivitas yang dapat dipilih untuk dilakukan pada tahapan empathize dalam design thinking:

  • User interview
  • Informal chat
  • Observation
  • Shadowing
  • Picture-taking
  • Immersion
  1. Define

Mencari dan menentukan permasalahan berdasarkan insight dan kebutuhan-kebutuhan user (pengguna) yang berfokus pada user yang spesifik. Berikut adalah aktivitas yang dapat dipilih untuk dilakukan pada tahapan define permasalahan dalam design thinking:

  • Workshops
  • Stakeholder meeting
  1. Ideate

Proses ideasi atau mengeluarkan ide-ide merupakan tahapan yang sangat penting karena ide yang dihasilkan merupakan solusi dari permasalahan atau kebutuhan user. Berikut adalah aktivitas yang dapat dipilih untuk dilakukan pada tahapan ideate dalam design thinking:

  • Ideation activities
  • Brainstorming
  • Workshops
  • Mindmaps
  • Sketching / drawing
  1. Prototype

Sebuah prototipe dapat digunakan untuk menguji kelayakan teknis suatu ide desain untuk melihat apakah itu berfungsi dengan baik secara fisik. Prototipe juga mampu menguji aspek-aspek visual dari desain yang akan diproduksi secara fisik. Selain itu, prototipe juga mampu membuat tim desain bekerjasama dengan klien mendapatkan gagasan dan mengatasi kekurangan kualitas sentuhannya. Berikut adalah aktivitas yang dapat dipilih untuk dilakukan pada tahapan prototype dalam design thinking:

  • Space prototyping
  • Physical prototyping
  • Paper construction
  • Wireframe building
  • Storyboards
  • Role-plays
  1. Test

Test atau uji coba merupakan tahapan akhir yang dimana membantu tim desain dan klien memperbaiki kesalahan atau kekurang dari solusi permasalahan sehingga diharapkan kedepannya menjadi lebih baik lagi. Proses uji coba dan pembelajaran ini dapat dilakukan berulang kali. Berikut adalah aktivitas yang dapat dipilih untuk dilakukan pada tahapan test dalam design thinking:

  • User testing
  • Observation
  • Picture-taking
  • Evaluation
  • Discussion

Sumber:

  • Lupton, Ellen. 2011. Graphic Design Thinking : Beyond Brainstorming. Princeton Architectural Press: New York.
  • Ling, Daniel. 2015. Complete Design Thinking Guide: For Successful Professionals. B10 Mediaworx: Liberty.
  • Ambrose, Gavin, dan Paul Harris. 2010. Design Th!nking: The Act or Practice of Using Your Mind to Consider Design. AVA Publishing SA: Lausanne.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s