Teori Warna: Roda, Model, dan Skema

Warna merupakan salah satu unsur seni rupa dan desain yang memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi karena warna merupakan representasi dari sebuah ide, makna, dan relevansi budaya. Yang dimaksud dengan ide tersebut adalah konsep dalam how to communicate a message, misalnya untuk menyampaikan pesan kepada target audiens anak-anak maka warna yang digunakan sebaiknya adalah warna yang disukai oleh anak-anak, sedikit kemungkinannya ketika menggunakan warna hitam putih untuk menyampaikan pesan kepada anak-anak, begitu juga kepada target audiens yang berbeda.

Selain representasi dari sebuah ide, warna juga memiliki makna. Misalnya menggunakan warna merah dalam lampu rambu lalu lintas di jalan yang bermakna berhenti karena berbahaya, hal tersebut dapat disimpulkan bahwa warna merah memiliki makna berbahaya.

Warna juga bisa menjadi relevansi budaya. Menurut Witabora, dkk., warna merupakan salah satu elemen penting dalam penciptaan visual. Pemahaman warna tidak bisa terlepas dari pemahaman budaya, artinya bahwa ia tidak bisa lepas dari konteksnya. Warna menjadi bagian dari sebuah identitas (2017:2). Mita Wahidiyat menambahkan bahwa background kebudayaan dan tradisi mempengaruhi proses respon dan tradisi terhadap warna. Contohnya magis masyarakat Indian, dimana mereka percaya bahwa warna hijau merupakan warna yg membawa keharmonisan. Jika kita atau klien tumbuh dengan kepercayaan bahwa hijau membawa keharmonisan, maka keluarga warna ini (hijau) akan memberikan respon yang positif, bagaimana dan dimana saja digunakan (2015). Dari penjelasan diatas penulis menyimpulkan bahwa warna memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi dalam bentuk visual. Berikut akan penulis jelaskan tentang teori warna, seperti color wheel, color model, dan color scheme.

Color Wheel (Roda Warna)

Color Theory-01

Color wheel adalah representasi melingkar dari spektrum warna yang membantu menjelaskan hubungan antara warna yang berbeda dan juga mengklasifikasikan warna atau memberikan arahan ke warna primer (primary), sekunder (secondary), dan tersier (tertiary), yang dapat membantu desainer berhasil memilih fungsional skema warna.

Color Theory-02

HSV Color Model (Model Warna HSV)

Color Theory-03

HSV (hue, saturation, value) merupakan model warna yang biasa ada di color picker pada software grafis. Model warna HSV adalah skema yang digunakan untuk menggambarkan berbagai cara warna dasar yang bergabung untuk menciptakan macam-macam warna yang biasa ada di pelbagai media. HSV didefinisikan dengan cara yang mirip seperti bagaimana manusia merasakan warna. Ini didasarkan pada tiga hal yaitu: hue, saturation, dan value. Ruang warna ini menjelaskan warna hue atau tint dalam hal bayangannya (saturasi atau jumlah abu-abu) dan nilai kecerahannya.

  • Hue

Hue merujuk pada karakteristik unik dari warna yang membantu kita membedakan satu warna secara visual dari warna lainnya. Hues dibentuk oleh panjang gelombang cahaya tampak yang berbeda.

  • Saturation

Saturasi (saturation) atau kroma mengacu pada kemurnian warna yang dinyatakan oleh jumlah abu-abu yang dimilikinya. Pada saturasi maksimum, warna tidak mengandung abu-abu dan warna-warna seperti itu digambarkan sebagai ‘vivid’ atau ‘bright’. Pada tingkat saturasi yang lebih rendah, warna mengandung jumlah abu-abu yang semakin banyak, yang menghasilkan nada-nada yang lemah dan disenyapkan.

  • Value

Nilai kecerahan (value) mengacu pada seberapa gelap atau terang warna. Perubahan kecerahan dapat dilakukan dengan cara mencampur warna dengan jumlah putih atau hitam yang berbeda.

Color Scheme (Skema Warna)

Menurut Witabora, dkk., skema warna merupakan kombinasi beberapa warna dengan pertimbangan keselarasan estetis yang mampu menghantarkan suatu pesan atau makna tertentu yang berkaitan dengan emosi atau kesan yang spesifik (2017:3).

  • Monochromatic (Monokromatik)

Color Theory-04

Skema warna monokromatik merupakan satu warna yang dihasilkan oleh intensitas cahaya (gelap atau terang) sehingga menghasilkan gradasi warna tua maupun muda atau memiliki intensitas yang berbeda.

  • Analogous

Color Theory-05

Skema warna analogous merupakan dua warna di kedua sisi pemilihan warna utama atau warna yang sejalan pada roda warna. Warna analogous memberikan perpaduan yang harmonis dan alami.

  • Complementary (Komplementer)

Color Theory-06

Skema warna komplementer merupakan warna yang saling berhadapan di roda (juga disebut warna kontras). Warna komplementer memberikan kontras yang kuat sehingga penggunaannya akan menghasilkan desain yang lebih hidup.

  • Split-Complementary

Color Theory-07

Skema warna split-complementary merupakan kombinasi tiga warna yang terdiri dari dua warna yang berdekatan dam disertai dengan warna (tidak dipilih) yang melengkapi pemilihan warna utama.

  • Triadic

Color Theory-08

Skema warna triadic menggunakan tiga warna yang berjarak sama, membentuk segitiga sempurna pada roda. Kombinasi ini cenderung sangat mencolok, terutama ketika mereka menyertakan warna primer atau sekunder, jadi berhati-hatilah saat menggunakannya.

  • Tetradic

Color Theory-09

Skema warna tetradic membentuk persegi panjang pada roda, menggunakan bukan hanya satu tetapi dua pasangan warna komplementer. Formula ini berfungsi paling baik jika membiarkan satu warna mendominasi sementara yang lain berfungsi sebagai aksen.

Sumber:

  • Sherin, Aaris. 2012. Design Element: Color Fundamental. Massachusetts: Rockport Publishers.
  • AVA Publishing SA. 2005. The Visual Dictionary of Graphic Design. Switzerland: AVA Publishing SA.
  • Wahidiyat, Mita. 2015. Warna dalam Budaya, https://dkv.binus.ac.id/2015/03/09/warna-dalam-budaya/ .
  • Witabora, Adhidarma, dkk. 2017. Studi Skema Warna Berdasarkan Lokal Konten Budaya Kota. Jurnal Seni Rupa Warna, Vol.3, No.1, hlm. 2-9.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s